Posted by: egaluchu | November 4, 2008

Pemerintah

Nama : Dwi Egawati

NPM : 110110070391

Kelas : D

TUGAS HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

PEMERINTAH

Pemerintah merupakan bagian dari pemerintahan . Kata pemerintah itu sendiri dapat kita artikan sebagai seseorang yang mempunyai kekuasaan baik dalam membentuk undang – undang maupun dalam mengeluarkan kebijakan – kebijakan Negara. Sedangkan Pemerintahan itu merupakan organisasi yang berkuasa untuk mengurus urusan Negara untuk kepentingan rakyatnya dan mewujukan suatu kesejahteraan rakyat. Jadi, bila kita lihat pemerintahan disini tidak hanya menjalankan fungsinya sebagai eksekutif tetapi juga menjalankan fungsinya sebagai legislatif dan yudikatif.

Dalam membicarakan seorang pemerintah itu sendiri tidak lepas kaitannya dengan kekuasaan, rakyat dan Negara. Jelas sekali kaitan pemerintah dengan ketiga aspek tersebut. Hal ini dapat kita lihat ketika seorang pemerintah dalam menjalankan tugasnya. Sebagai contoh, dalam mengeluarkan suatu kebijakan pemerintah sebagai seorang pemimpin menggunakan kekuasaannya untuk membentuk suatu kebijakan, kebijakan tersebut ditujukan untuk rakyat dan hal itu merupan suatu upaya pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera.

Kalau kita lihat pernyataan diatas, itu merupakan suatu kondisi yang ideal dari seorang pemerintah. Tapi coba kita lihat dalam praktek, apakah benar kekuasaan pemerintah dalam membentuk undang – undang dan kebijakan – kebijakan dijalankan untuk kepentingan rakyat? Sekarang coba kita kritisi pertanyaan tersebut. Dengan kondisi pemerintah yang ada di Indonesia saat ini, bila kita lihat terkadang pemerintah itu menyalahgunakan kekuasaannya dengan mengeluarkan kebijakan yang menguntungkan kepentingan pribadi atau golongan dan mengesampingkan kepentingan umum atau rakyatnya. Sebagi contoh, kita lihat diberbagai media informasi bahwa harga minyak dunia turun. Tetapi kenapa pemerintah tidak segera mengeluarkan kebijakan untuk menurukan harga BBM untuk rakyatnya. Sedangkan beberapa bulan lalu ketika harga minya dinia naik pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menaikan harga BBM.

Dengan kejadian diatas seorang pemerintah tidak mementingkan kepentingan umum, tetapi terkadang pemerintah mementingkan kepentingan pribadi atau golongannya. Walaupun hal itu masih praduga saja. Tetapi secara logika dapat saya simpulkan seperti itu, bisa saja harga BBM akan diturunkan tetapi ketika masa pemerinthannya akan berakhir dan itu merupakan salah satu strategi politik agar mendapat simpati dari rakyatnya dan terpilih kembali. Terlepas dari kejadian itu semua setidaknya seorang pemerintah bertidak untuk mendahulukan kepentingan umum untuk rakyatnya. Karena secara tidak langsung ketika seseorang memutuskan untuk menjadi seorang pemerintah yang menanggung amanat dari rakyatnya setidaknya dia harus sadar dengan itu semua dan mendahulukan kepentingan umum untuk mewujudkan kesejahteraan rakyatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: